Nama Kegiatan :

Social Project Bawean

Tema Kegiatan :

Peduli Bawean

Pelaksanaan Kegiatan :

17-19 Agustus 2017 di Pulau Bawean Gresik

Tujuan Kegiatan :

1.      Menggalang persatuan dan kesatuan umat.

2.      Menjalin dan mempererat ukhuwah islamiah yang telah ada.

3.      Membagi kebahagiaan dengan saudara di Pulau Bawean yang kurang beruntung.

4.      Menyemarakkan kegiatan perayaan HUT RI dengan berbagi.

5.      Mewujudkan kepedulian terhadap sesama.

Hasil Kegiatan :

1.      Kegiatan Sosial Action (17-19 Agustus 2017) merupakan pembagian paket sembako kepada target sasaran yang diberikan secara langsung oleh panitia. Paket sembako yang diberikan terdiri dari beras 5 kg, minyak goreng 2 liter, gula 1 kg dan mie instan 5 bungkus. Paket sembako tersebut diberikan kepada 5 (lima) penerima di setiap desa/kelurahan yang menjadi target sasaran kegiatan Social Action. Adapun syarat dan kriteria penerima adalah warga yang bertempat tinggal di wilayah Kabupaten Gresik, berusia lebih dari 45 tahun, dalam kondisi ekonomi yang lemah, dan sebagainya. Sebanyak empat desa yang diberikan bantuan yakni: Desa Sawahmulya (Sangkapura), Desa Lebak (Sangkapura), Desa Sidogedungbatu (Pulau Gili Sangkapura), dan Desa Sukalela (Tambak).

2.      Kegiatan Santunan Anak Yatim (17 Agustus 2017) sebanyak 30 anak di Kecamatan Sangkapura, bentuk santunan berupa makanan, uang sebesar Rp 50.000,00 dan buku serta peralatan tulis.

3.      Kegiatan Bakti Sosial Desa Sidogedungbatu Pulau Gili Bawean (18 Agustus 2017) penyerahan Al Qur’an ke empat Musholah, total bantuan Al Qur’an yang diberikan sebanyak 22 buah. Selanjutnya kegiatan Lomba HUT RI bersama warga desa, jenis lombanya antara lain: balap kelereng, kepruk air, tarik tambang, dan lain-lain. Semua pemenang lomba mendapat hadiah hiburan seperti: tas sekolah, buku, kerudung, dan lain-lain.

Evaluasi Kegiatan :

1.      Persiapan kegiatan yang terkesan pendek dan mulai mendekati pelaksanaan acara.

2.      Personil panitia yang ikut berpartisipasi juga sedikit, hanya sembilan orang.

3.      Kondisi medan yang cukup berat membuat panitia sedikit kesulitan.