Nama Kegiatan : Gerakan Yatim Membaca
Tema Kegiatan : Ayo Membaca
Pelaksanaan Kegiatan :

Setiap satu bulan sekali di Yayasan Putri Fadhilah Gresik

Tujuan Kegiatan :

1.      Menumbuhkembangkan budaya literasi membaca dan menulis pada anak-anak di Panti Asuhan.

2.      Menjaga keberlanjutan pembelajaran dengan menghadirkan beragam buku bacaan dan mewadahi berbagai strategi membaca.

3.      Terbangunnya kolaborasi antar pihak dalam menjadikan buku sebagai basis peradaban bangsa.

Hasil Kegiatan :

Gerakan Yatim Membaca (GYM) merupakan program pemberdayaan sosial Pemuda Peduli Dhuafa Gresik (PPDG) yang diselenggarakan rutin setiap satu bulan sekali bersama adik-adik di panti asuhan khususnya di wilayah Kabupaten Gresik. Kegiatan GYM terdiri dari pendirian dan pengelolaan mini perpustakaan, serta acara-acara untuk mendorong maupun mengembangkan minat baca pada anak. GYM adalah kegiatan yang mengajak anak-anak dipanti asuhan agar mampu dan mau menunjukkan potensi diri melalui karya-karyanya seperti menulis dan membaca puisi hingga bercerita di depan teman-temannya. Berikut kegiatan setiap bulannya: Mei, kegiatan membaca dan memahami isi dongeng serta menceritakan kembali dongeng yang telah dibaca; Juli, kegiatan menggambar ilustrasi tentang cita-cita dan mendeskripsikan hasil gambar yang dibuat; Agustus, kegiatan membaca teks cerpen dan memahami isi cerita serta anya jawab terkait isi teks cerita; September, kegiatan membaca puisi dan surat pendek, panitia memberi contoh membaca puisi dan membaca surat pendek, serta peserta memahami isi puisi; Oktober, membuat karya berupa paper flower, panitia memberikan penjelasan tentang alat, bahan serta cara membuat paper flowers dan kemudian peserta membuat paper flowers, setelah semua selesai dilakukan penempelan hasil karya oleh peserta dan panitia.

Evaluasi Kegiatan :

1.      Acara berjalan dengan lancar, namun perlengkapan yang seharusnya sudah ada pada hari itu belum ada. Seperti rak buku, bolpoin yang ketinggalan. Sebaiknya disiapkan dengan matang segala keperluan acara, list keperluar apa saja yang dibutuhkan agar tidak terjadi hal semacam ini lagi.

2.      Acara berjalan dengan lancar, namun literasi baca dirasa kurang sehingga satu buku dibaca Bersama dalam kelompok yang beranggota 4 orang. Sehingga yang paham isi bacaannya hanya beberapa orang saja. Sebaiknya buku ditambah, pilih buku yag tipis dan murah agar bisa dibaca sendiri-sendiri.

3.      Panitia yang datangnya molor dari jam yang telah di sepakati. Tetap memulai acara sesuai jam yang direncanakan , karena kesepakatan jam dengan pihak panti acara dimulai pukul 08.00 WIB.

4.      Acara berjalan dengan lancar, namun kurangnya kesadaran diri dari panitia yang mengakibatkan waktu acara sedikit lebih mundur. Saling mengingatkan antar panitia agar hal seperti ini tidak terjadi kembali, karena antusiasme adik-adik dalam mengapresiasi GYM sangat baik.

5.      Secara umum acara berlangsung lancar, peserta mengikuti arahan panitia hanya saja saat sesi games peserta yang masih kecil  bingung mengikuti arahan dari panitia. Penyetaraan usia peserta GYM harus lebih ditekankan karena terkait dengan pemberian materi dan games yang dilakukan saat kegiatan berlangsung.

6.      Agenda berjalan tidak sesuai dengan rundown yang mengakibatkan beberapa susunan agenda kegiatan dialihfungsikan atau ditiadakan. Saling mengingatkan antar panitia agar hal seperti ini tidak terjadi kembali, karena antusiasme adik-adik dalam mengapresiasi GYM sangat baik.

7.      Secara umum acara berlangsung lancar, namun pemateri tidak hadir tepat waktu sehingga anak-anak bosan membaca. Selain itu, buku yang telah dibaca tidak dikembalikan pada tempatnya sehingga panitia membantu membereskan buku-buku yang telah dibaca oleh anak-anak.