Nama Kegiatan :

 

Gerakan Yatim Membaca

 

Tema Kegiatan :

 

Membudayakan Membaca di Era Digitalisasi Melalui Berbagai Macam Media untuk Menjadi Generasi Cerdas Indonesia

 

Pelaksanaan Kegiatan :

 

Setiap satu bulan sekali di Yayasan Putri Fadhilah Gresik atau Yayasan Nurul Ulum Kebomas

 

Tujuan Kegiatan :

 

1.      Menumbuhkembangkan budaya literasi membaca dan menulis pada anak-anak di Yayasan.

2.      Menjaga keberlanjutan pembelajaran dengan menghadirkan beragam buku bacaan dan mewadahi berbagai strategi membaca,

3.      Membangun kolaborasi antar pihak dalam menjadikan buku sebagai basis peradaban bangsa dengan membentuk perpustakaan mini sebagai sarana dalam mengelola bahan bacaan.

 

Hasil Kegiatan :

 

Program Gerakan Yatim Membaca memiliki konsep membangun perpustakaan mini didalam panti asuhan atau yayasan dan kegiatan rutin bulanan untuk belajar mencapai target mandiri, dalam pengelolaan perpustakaan mini oleh pengurus dan/atau anak-anak dalam panti asuhan atau yayasan. Adapun beberapa tahapan yang akan kami lakukan sebagai berikut: (1) Tahap Perencanaan, dalam tahap ini akan dilakukan pengadaan buku, rak dan perlengkapan perpustakaan lainnya; (2) Tahap Pembiasaan, dalam tahap ini yang dimaksudkan adalah membudayakan gemar membaca bagi anak-anak dalam panti asuhan atau yayasan. Untuk membudayakan gemar membaca, tim membuat kegiatan rutin bulanan yang akan mengajak anak-anak dalam panti asuhan atau yayasan membaca buku diluar buku pelajaran dan akan diaplikasikan sesuai dari beberapa sumber buku bacaan; (3) Tahap Pengembangan dan Pembelajaran, dalam tahap ini tim akan mengembangkan minat baca berdasarkan evalusai buku apa yang digemari oleh anak-anak dalam panti asuhan atau yayasan setiap tiga bulan sekali, meningkatkan kelancaran serta pemahaman terhadap apa yang dibaca dan belajar public speaking. Tim juga akan mengajarkan untuk mengaplikasikan dalam bentuk tulisan atau karya, dalam tahap ini diharapkan pengurus dan/atau anak-anak dalam panti atau yayasan sudah mampu dalam menjalankan dan mengelola perpustakaan mini di dalam panti asuhan atau yayasan secara mandiri; (4) Tahap Evaluasi, dalam tahap ini dilakukan berupa kunjungan tim dengan melihat keaktifan anak-anak dalam membaca buku berdasarkan dari catatan buku peminjaman dalam perpustakaan mini yang telah dikelola oleh pengurus panti asuhan atau yayasan.

Bulan Maret di Yayasan Putri Fadhilah, kegiatan utama dalam pertemuan kali ini adalah memberikan semangat, motivasi dan games hiburan yang diharapkan dapat menumbuhkan minat baca adik-adik dengan mengusung konsep tema yakni menghargai jasa orang tua, jasa orang yang telah membantu (menyebutkan siapa yang paling disayang dan alasannya) dan menggapai cita-cita.

Bulan April di Yayasan Nurul Ulum, kegiatan utama dalam pertemuan kali ini adalah memberikan semangat, motivasi dan games hiburan yang diharapkan dapat menumbuhkan minat baca adik-adik dengan mengusung konsep tema yakni semangat Rasulullah dan semangat Kartini untuk mewujudkan cita-cita yang harus ditiru.

Bulan Juni di Yayasan Putri Fadhilah, kegiatan utama dalam pertemuan kali ini adalah halal bihalal yang dikemas secara menarik untuk menumbuhkan semangat rohani dan jasmani dengan mengusung konsep tema yakni menceritakan kegiatan yang telah dilakukan selama bulan Ramadhan.

Bulan Juli di Yayasan Nurul Ulum, kegiatan utama dalam pertemuan kali ini adalah mengenalkan macam-macam sastra sekaligus mempraktikkan hasil wawasan yang didapat dan diberi motivasi serta games hiburan yang diharapkan dapat menumbuhkan minat baca adik-adik dengan mengusung konsep tema yakni membaca puisi dan karya sastra Indonesia.

Bulan Agustus di Yayasan Nurul Ulum, kegiatan utama dalam pertemuan kali ini adalah melatih sportivitas yang diimplementasikan dalam kegiatan lomba dengan mengusung konsep tema yakni aneka perlombaan 17-an dalam memperingati HUT RI ke 74.

Bulan September oleh Yayasan Putri Fadhilah di Rumah Baca Pelangi Desa Suci – Manyar, kegiatan utama dalam pertemuan kali ini adalah melatih kegemaran membaca di suasana yang berbeda dengan mengusung konsep tema yakni kunjungan ke Rumah Baca Pelangi.

Bulan Oktober di Yayasan Nurul Ulum, kegiatan utama dalam pertemuan kali ini adalah memberikan semangat, motivasi dan games hiburan yang diharapkan dapat menumbuhkan minat baca adik-adik dengan mengusung konsep tema yakni membuat prakarya pembatas buku dan games seru menyusun kata menjadi kalimat.

Bulan November di Yayasan Nurul Ulum, kegiatan utama dalam pertemuan kali ini adalah memberikan semangat, motivasi dan games hiburan yang diharapkan dapat menumbuhkan minat baca adik-adik dengan mengusung konsep tema yakni pertemuan terakhir.

 

Evaluasi Kegiatan :

1.      Acara bulan Maret: tidak ada pengeras suara (mikrofon), ada beberapa panitia yang kurang membantu untuk menenangkan adik-adik yayasan pada saat acara berlangsung.

2.      Acara bulan April: ada beberapa panitia yang kurang membantu untuk menceriakan suasana kesan pertama acara di Yayasan Nurul Ulum, beberapa kondisi anak yang mengikuti acara tergolong berkebutuhan khusus sehingga sulit untuk diajak berkomunikasi.

3.      Acara bulan Juni hingga November: kurangnya pembagian jobdesc dikarenakan belum menemukan pengisi pada beberapa kegiatan bulan ini, sehingga diisi oleh koordinator panitia yang bertugas bulan ini.

4.      Acara bulan Agustus: beberapa kondisi anak yang mengikuti acara tergolong berkebutuhan khusus sehingga sulit untuk diajak mengikuti lomba.

5.      Acara bulan September: ketika adik-adik telah tiba di lokasi acara, panitia belum banyak yang berkumpul.