Nama Kegiatan :

Ramadhan Event

Tema Kegiatan :

Menumbuhkan Semangat Berbagi di Bulan Penuh Berkah

Pelaksanaan Kegiatan :

3 Agustus 2013 di Panti Asuhan Setia Budi Benjeng Gresik dan rumah-rumah warga kurang mampu.

Tujuan Kegiatan :

1.      Menggalang persatuan dan kesatuan umat.

2.      Menjalin dan mempererat ukhuwah islamiah yang telah ada.

3.      Membagi kebahagiaan ramadhan dengan saudara yang kurang beruntung.

4.      Memotivasi untuk berlomba-lomba menuju kebaikan di bulan suci yang penuh berkah ini.

5.      Mewujudkan kepedulian terhadap sesama.

Hasil Kegiatan :

1.      Kegiatan Bakti Sosial Dhuafa merupakan pembagian paket sembako kepada fakir miskin yang ada di beberapa desa pada Kecamatan Sidayu (43 orang), Kecamatan Dukun (11 orang), dan Kecamatan Bungah (46 orang). Paket sembako yang diberikan berupa: beras sebanyak 2,5 kg; minyak goreng sebanyak 2 liter; mie Instan sebanyak 5 bungkus. Jumlah paket sembako sendiri sejumlah 100 paket yang dibagi kedalam tiga kecamatan tersebut yang berada di wilayah Kabupaten Gresik.

2.      Kegiatan Lomba dan Buka Bersama merupakan dua rangkaian acara yang dilaksanakan di Panti Asuhan Setia Budi, Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik. Acara yang pertama adalah lomba khusus untuk anak-anak panti, perlombaannya yang terdiri dari: lomba mewarnai, lomba menggambar kaligrafi, dan lomba ceramah. Setelah itu dilanjutkan acara yang kedua yakni Buka Puasa Bersama sekaligus penyerahan bakti sosial berupa sembako dan perangkat komputer serta uang tunai kepada pihak panti. Terdapat beberapa games berhadiah untuk adik-adik panti dan puncaknya pesta kembang api untuk memeriahkan akhir acara. Total peserta yang hadir ada 70 anak, diberikan santunan serta bingkisan.

Evaluasi Kegiatan :

1.      Persiapan kegiatan yang terkesan pendek dan mulai mendekati bulan Ramadhan (11 Mei s/d 3 Agustus 2013).

2.      Dalam penggalangan dana belum sepenuhnya dapat memanfaatkan sumber daya panitia dengan maksimal.

3.      Dalam kegiatan Bakti Sosial Dhuafa panitia masih merasakan kurangnya pemerataan jumlah penerimaan paket sembako pada masing-masing kecamatan.