Nama Kegiatan :

Ramadhan Ceria

Tema Kegiatan :

Menggerakkan Hati untuk Membantu Sesama di Bulan Penuh Berkah

Pelaksanaan Kegiatan :

20-25 Juli 2014 di Yayasan Asy-syahadah Gresik, Panti Asuhan Roudhotul Hikmah Cerme Gresik, rumah-rumah warga kurang mampu, kawasan alun-alun dan pasar kota Gresik.

Tujuan Kegiatan :

1.      Menggalang persatuan dan kesatuan umat.

2.      Menjalin dan mempererat Ukhuwah Islamiah yang telah ada.

3.      Membagi kebahagiaan Ramadhan dengan saudara yang kurang beruntung.

4.      Memotivasi untuk berlomba-lomba menuju kebaikan di bulan suci yang penuh berkah ini.

5.      Menumbuhkan dan mewujukan rasa kepedulian terhadap sesama muslim.

6.      Meringankan beban perekonomian masyarakat tidak mampu.

Hasil Kegiatan :

1.      Kegiatan Gerakan Yatim Membaca (20 Juli 2014) ini merupakan pembuatan mini perpus serta perlengkapannya. Kegiatan ini dilakukan dalam dua tahap yaitu tahap persiapan dan tahap launching. Pada tahap kedua, panitia bekerjasama dengan YPPI (Yayasan Pengembang Perpustakaan Indonesia) dalam pemberian motivasi kepada anak panti mengenai pentingnya membaca. Selain itu, panitia memberikan bakti sosial kepada pihak panti.

2.      Kegiatan Sahur on the Road (21 Juli 2014) ini dilaksanakan di daerah sekitar Gresik Kota tepatnya daerah pasar dan alun-alun, memberikan paket sahur kepada tukang becak, ojek dan lain-lainnya sebanyak 100 paket.

3.      Kegiatan Bakti Sosial Dhuafa (24-25 Juli 2014) ini merupakan pembagian paket sembako kepada fakir miskin yang ada di beberapa desa pada kecamatan Sidayu (54 orang), Ujungpangkah (6 orang), Dukun (17 orang), Bungah (54 orang), Manyar (14 orang), Gresik (2 orang) dan Cerme (3 orang). Jumlah Paket Sembako sendiri sejumlah 150 paket yang dibagi kedalam tiga kecamatan tersebut, paket Sembako yang diberikan berupa: beras 1,5 kg; minyak goreng 1 liter; mie instan 5 bungkus; gula 1 kilogram; teh celup 1 kotak.

4.      Kegiatan Buka Bersama Anak Yatim (23 Juli 2014) ini dilaksanakan mulai dari outbond dan games, pembukaan, penyerahan bakti sosial hingga acara buka bersama. Total peserta yang hadir ada 50 anak, diberikan santunan dan bingkisan.

Evaluasi Kegiatan :

1.      Komunikasi antar panitia sebelum dan saat kegiatan berlangsung seharusnya dapat terjalin dengan baik.

2.      Dalam pengggalangan dana belum sepenuhnya dapat memanfaatkan sumber daya panitia dengan maksimal.

3.      Dalam acara buka bersama beberapa pantia agak kurang terkoordinir, sehingga ada kebingungan terhadap pembagian tugasnya masing-masing.

4.      Dalam acara bakti sosial dhuafa panitia masih merasakan kurangnya pemerataan jumlah penerimaan paket sembako pada masing-masing kecamatan.