Nama Kegiatan :

Safari Ramadhan

Tema Kegiatan :

Hidupkan Ramadhanmu, Nyalakan Cahaya Kemuliaan

Pelaksanaan Kegiatan :

12 Juni s/d 3 Juli 2016 di Panti Asuhan Setia Budi Benjeng Gresik, RSUD Dr. Soetomo Gresik, rumah-rumah warga kurang mampu, dan Gedung Pusdiklat Pramuka Kwarcab Gresik.

Tujuan Kegiatan :

1.      Menyemarakkan bulan suci Ramadhan dengan kegiatan yang bermanfaat untuk mendekatkan dan menemukan kembali fitrah manusia.

2.      Memotivasi untuk berlomba-lomba menuju kebaikan di bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini.

3.      Menggalang persatuan dan kesatuan umat.

4.      Menjalin dan mempererat ukhuwah islamiah yang telah ada.

5.      Menumbuhkan dan mewujukan rasa kepedulian terhadap sesama.

Hasil Kegiatan :

1.      Pelatihan Life Skill (18 Juni 2016) diselenggarakan di Panti Asuhan Setia Budi Benjeng Gresik, jenis pelatihan yang diberikan berupa keterampilan sulam pita dan diikuti oleh 17 peserta remaja putri dari Panti Asuhan Setia Budi. Kegiatan pelatihan dilakukan dalam kelompok berisikan 4-5 anak yang didampingi oleh 1 tutor dari panitia. Seluruh bahan yang digunakan telah disediakan oleh panitia dan selanjutnya dapat digunakan kembali oleh peserta untuk melatih keterampilan mereka. Tutor yang mendampingi selama pelatihan bertugas memberikan contoh, pengarahan dan peragaan teknik sulam pita untuk memudahkan peserta dalam menguasai keterampilan tersebut. Acara berlangsung selama 2 jam, diawali dengan pembagian bahan-bahan seperti pita, jarum, benang, bidangan, gunting dan kain yang telah memiliki pola. Selanjutnya dilakukan peragaan oleh setiap tutor mengenai berbagai teknik sulam pita secara bertahap hingga peserta menguasai seluruh teknik yang diajarkan. Panti Asuhan Setia Budi memiliki sekitar 70 anak, dari berbagai jenjang usia. Pada saat pelatihan berlangsung, adik-adik panti selain remaja putri diberikan kegiatan berupa lomba dan keterampilan origami. Pada akhir acara dilakukan penyerahan bakti sosial berupa sembako, pembagian bingkisan kepada adik-adik panti dan sesi foto bersama panitia, adik-adik dan pengurus panti.

2.      Kegiatan Sahur on the Road (19 Juni 2016) tahun ini kembali bertempat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ibnu Sina Gresik dengan memberikan paket sahur sebanyak 200 paket. Setelah semua panitia berkumpul dan kemudian berkordinasi dengan petugas keamanan yang sedang bertugas pada malam itu serta mendapatkan daftar ruang-ruang yang akan dimasuki, panitia segera membagi tim dan menyebar ke ruangan yang ada di daftar.

3.      Kegiatan Social Action (12 Juni s/d 3 Juli 2016) merupakan pembagian paket sembako kepada penerima yang diberikan secara langsung oleh panitia. Paket sembako yang diberikan terdiri dari beras 5 kg, minyak goreng 2 liter, gula 1 kg dan mie instan 5 bungkus. Paket sembako tersebut diberikan kepada 5 penerima di setiap desa/kelurahan yang menjadi sasaran kegiatan Social Action. Sedangkan syarat penerima adalah fakir miskin minimal berusia 50 tahun dan  lebih diutamakan janda atau duda, mempunyai pekerjaan tidak tetap dan lebih diutamakan yang sudah tidak bekerja serta tinggal di rumah yang kurang layak. Desa/kelurahan yang menjadi sasaran antara lain dari kecamatan Dukun (Desa Tiremenggal dan Desa Babakbawo), kecamatan Ujungpangkah (Desa Banyuurip dan Desa Kebonagung), kecamatan Manyar (Desa Suci dan Desa Banjarsari), Kecamatan Balongpanggang (Desa Balongpanggang dan Desa Karangsemanding), Kecamatan Cerme (Desa Dungus dan Desa Ngabetan) dan Kecamatan Kebomas (Kelurahan Singosari dan Kelurahan Kembangan).

4.      Kegiatan Pondok Ramadhan (25-26 Juni 2016) merupakan acara puncak, pelaksanaan kegiatan bertempat di Aula Gedung Pramuka Kwarcab Gresik dengan dihadiri oleh 69 adik-adik dari enam panti asuhan maupun yayasan di Kabupaten Gresik. Panti atau yayasan yang mengikuti kegiatan pondok ramadhan sejumlah enam panti atau yayasan yang terdiri dari Yayasan Asy-Syahadah, Riyadhul Jinaan, dan Hidayah Ummat serta Panti Khoirun Nisa’, Miftahul Jannah dan Roudlotul Hikmah. Acara dibuka dengan pembacaan surat Al-Fatihah dan ayat suci Al-Quran dari perwakilan peserta. Selanjutnya sambutan dari Ketua Pelaksana dilanjutkan dengan tausiyah dari Ustadz Syamsul Mu’afi dari MUI (Majelis Ulama Indonesia) Kabupaten Gresik. Setelah acara tausiyah dilakukan pembagian takjil dan sholat maghrib berjamaah di Masjid Baitussalam. Pembagian makanan untuk buka bersama dilaksanakan setelah sholat berjamaah. Kegiatan dilanjutkan dengan ice breaking untuk menunggu waktu sholat Isya’ kemudian segera dilakukan sholat tarawih berjamaah. Setelah tarawih dilakukan tadarus bersama secara berkelompok. Lomba cerdas cermat diikuti oleh perwakilan dari seluruh panti atau yayasan dengan masing-masing kelompok berjumlah 3 anak. Kegiatan akhir Pondok Ramadhan adalah lomba kultum yang diikuti oleh adik-adik SMP dari perwakilan panti atau yayasan. Acara ditutup dengan pemgumuman pemenang lomba-lomba, dilanjutkan dengan pemberian santunan dan bingkisan kepada setiap peserta serta bingkisan untuk pengurus panti atau yayasan.

Evaluasi Kegiatan :

1.      Sie Danus yang kurang bisa memaksimalkan panitia.

2.      Sie Acara yang kesulitan dalam perumusan konsep acara akibat kesibukan masing-masing panitia.

3.      Sie Konsumsi adalah kurang adanya tanggung jawab terhadap bantuan yang diberikan oleh pihak sponsor dan kesadaran untuk memenuhi kebutuhan konsumsi peserta selama acara berlangsung.

4.      Kendala dalam pelatihan life skill terdapat pada kesiapan tutor selama memberikan pengarahan yang kurang.

5.      Pelaksanaan sahur on the road sedikit terhambat oleh jumlah panitia yang ikut berpartisipasi aktif, dikarenakan kondisi cuaca yang kurang mendukung.

6.      Kendala yang muncul selama kegiatan Pondok Ramadhan yakni briefing panitia yang kurang maksimal dan menyebabkan adanya kesalahan dalam koordinasi pelaksanaan acara.