Nama Kegiatan :

Gema Ramadhan

Tema Kegiatan :

Berbagi Menuai Berkah Di Indahnya Ramadhan

Pelaksanaan Kegiatan :

27 Mei s/d 18 Juni 2017 di rumah-rumah warga kurang mampu, kawasan WEP, Alun-alun kota, Segoromadu, Masjid Agung Gresik dan Gedung Pusdiklat Pramuka Kwarcab Gresik.

Tujuan Kegiatan :

1.      Menyemarakkan bulan suci Ramadhan dengan kegiatan yang bermanfaat untuk mendekatkan dan menemukan kembali fitrah manusia.

2.      Memotivasi untuk berlomba-lomba menuju kebaikan di bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini.

3.      Menggalang persatuan dan kesatuan umat.

4.      Menjalin dan mempererat ukhuwah islamiah yang telah ada.

5.      Menumbuhkan dan mewujukan rasa kepedulian terhadap sesama.

Hasil Kegiatan :

1.      Kegiatan Sosial Action (17 Mei s/d 17 Juni 2017) merupakan pembagian paket sembako kepada target sasaran yang diberikan secara langsung oleh panitia dan telah melalui survei secara langsung maupun tidak langsung. Paket sembako yang diberikan terdiri dari beras 5 kg, minyak goreng 2 liter, gula 1 kg dan mie instan 5 bungkus. Paket sembako tersebut diberikan kepada 5 (lima) penerima di setiap desa/kelurahan yang menjadi target sasaran kegiatan Social Action. Adapun syarat dan kriteria penerima adalah warga yang bertempat tinggal di wilayah Kabupaten Gresik, berusia lebih dari 45 tahun, dalam kondisi ekonomi yang lemah, dan sebagainya. Desa/kelurahan yang menjadi sasaran antara lain dari kecamatan Bungah (Desa Bungah dan Desa Raciwetan), kecamatan Manyar (Desa Tanggulrejo, Desa Gumeno, Desa Leran dan Desa Pongangan), kecamatan Dukun (Desa Lowayu), kecamatan Panceng (Desa Dalegan dan Desa Sumurber), kecamatan Sidayu (Desa Wadeng), kecamatan Kebomas (Desa Klangonan, Sidomukti dan Desa Kedanyang), kecamatan Cerme (Desa Gedangkulut), kecamatan Duduksampeyan (Desa Gredek), dan kecamatan Gresik (Desa Karangturi dan Desa Bedilan).

2.      Kegiatan Berbagi Takjil (10 Juni 2017) diselenggarakan di wilayah Gresik Kota yang berpusat pada 4 (empat) titik posko yaitu kawasan Masjid Agung Gresik, kawasan Alun-alun Kota Gresik, kawasan Segoromadu Gresik dan kawasan Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP) Gresik, yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 10 Juni 2017 dengan membagikan total 300 paket takjil berupa makanan khas Gresik yakni bongko dan air mineral gelas.

3.      Kegiatan Buka Bersama Anak Yatim (18 Juni 2017) merupakan acara puncak, pelaksanaan kegiatan Buka Bersama Anak Yatim bertempat di Aula Gedung Pusdiklat Pramuka Kwarcab Gresik dengan dihadiri oleh 159 anak dari sembilan panti asuhan maupun yayasan di Kabupaten Gresik. Panti asuhan atau yayasan yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 9 (sembilan) panti/yayasan yang terdiri dari Yayasan Asy-Syahadah Gresik, Panti Asuhan Himmatun Ayat Manyar Gresik, Panti Asuhan Roudhotul Hikmah Cerme Gresik, Panti Asuhan Darul Ubudiyah Cerme Gresik, Yayasan Khoirunnisa Gresik, Panti Asuhan Miftakhul Jannah Gresik, Yayasan Riyadlul Jina’an Gresik, Yayasan Hidayat Ummat Gresik, Yayasan Putri Fadhilah Gresik, dan Panti Asuhan Nurul Jannah Gresik. Pada acara ini pemberangkatan di koordinasi masing-masing pengurus panti asuhan atau yayasan karena dari pihak panitia tidak melakukan penjemputan, akan tetapi panitia menyediakan uang pengganti untuk transport perjalanan menuju tempat acara. Acara dibuka dengan pembacaan surat Al-Fatihah dan ayat suci Al-Quran dari perwakilan peserta. Selanjutnya sambutan dari Ketua Pelaksana dilanjutkan dengan Lomba Ceramah yang diikuti oleh perwakilan dari seluruh panti asuhan atau yayasan. Lomba Ceramah terdiri dari dua sesi. Setelah Lomba pada sesi pertama peserta diberikan waktu istirahat hingga menjelang ashar. Setelah sholat ashar berjamaah dilanjutkan dengan Lomba Ceramah pada sesi kedua. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan Ceramah Agama oleh Bapak Dr. H. Moh. Qosim, M.Si selaku Wakil Bupati Kabupaten Gresik. Setelah Ceramah Agama oleh Bapak Dr. H. Moh. Qosim, M.Si, acara dilanjutkan dengan ice breaking oleh rekan-rekan komunitas Stand-Up Comedy Gresik. Kemudian dilakukan pembagian takjil dan sholat maghrib berjamaah di Masjid Baitussalam. Setelah shalat maghrib berjamaah dilanjutkan dengan makan untuk buka bersama secara prasmanan. Setelah itu persiapan untuk sholat isya’ dan tarawih berjamaah. Acara ditutup dengan pengumuman pemenang lomba-lomba. Rangkaian acara Gema Ramadhan ditutup dengan doa bersama dilanjutkan dengan pemberian santunan dan bingkisan kepada setiap peserta serta bingkisan untuk pengurus panti asuhan atau yayasan kemudian foto bersama.

Evaluasi Kegiatan :

1.      Pemenuhan logistik Social Action yang sedikit terlambat dikarenakan pihak distributor sembako yang tidak mengirimkan logistik sesuai tanggal yang telah disepakati.

2.      Lokasi pemesanan menu takjil yang cukup jauh, sehingga membuat pelaksanaan sedikit terlambat.

3.      Titik lokasi pembagian takjil yang berubah dari rencana awal, sehingga memerlukan waktu lebih untuk tiba di lokasi.

4.      Briefing panitia dalam acara Buka Bersama yang kurang maksimal dan menyebabkan adanya kesalahan dalam koordinasi pelaksanaan acara.

5.      Banyaknya peserta Buka Bersama yang tidak sesuai dengan kriteria yang telah disepakati dengan panitia dari awal serta kedatangan beberapa peserta yang sedikit terlambat dari waktu yang telah diberitahukan sebelumnya.

6.      Terdapat data peserta Buka Bersama yang bertumpuk atau ganda serta para tamu undangan kebingunan ketika memasuki lokasi acara.

7.      Sistem prasmanan yang sedikit menyita waktu pada saat berbuka puasa.