Pemuda Peduli Dhuafa Gresik (PPDG) atau biasa disingkat PPD Gresik merupakan wadah bagi pemuda dan pemudi yang khususnya berasal dari daerah Kabupaten Gresik yang sangat peduli kepada kaum dhuafa. Sesuai dengan namanya, kegiatan Pemuda Peduli Dhuafa Gresik ini bertujuan untuk berbagi kebahagiaan dan kebermanfaatan kepada kaum dhuafa, khususnya fakir miskin dan anak yatim piatu sebagai fokus sasarannya yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Gresik.

Pemuda Peduli Dhuafa Gresik mulai hadir ditengah-tengah masyarakat sejak tanggal 11 Mei 2013, berawal dari keinginan tulus untuk meluangkan waktu serta berbagi kepada mereka-mereka yang membutuhkan pertolongan. Ketika itu masih dirintis oleh anak-anak muda yang baru mengenyam bangku perkuliahan dan juga baru lulus bangku sekolah (SMA), hingga sekarang Pemuda Peduli Dhuafa Gresik dikelola oleh anak-anak muda yang berumur kurang dari 30 tahun. Alasan lain lahirnya Pemuda Peduli Dhuafa Gresik ialah keinginan untuk menyebarkan semangat berbagi kepada semua anak muda yang ada di Kabupaten Gresik, serta mengurangi gaya hidup berfoya-foya dan lebih peka maupun peduli kepada sesama.

SEMANGAT BERKARYA MENEBAR KEBAIKAN” merupakan slogan atau jargon Pemuda Peduli Dhuafa Gresik yang mempunyai pengertian yakni wadah untuk bekerja dan beramal menyatukan kekuatan dalam rangka mencetak pemuda maupun pemudi yang aktif, kreatif, serta inovatif yang sadar akan pentingnya rasa kepedulian terhadap sesama.

Logo Pemuda Peduli Dhuafa Gresik berupa huruf “PPD” yang merupakan singkatan dari Pemuda Peduli Dhuafa yang dibentuk menyerupai kubah masjid berwarna hijau. Arti logo Pemuda Peduli Dhuafa Gresik yang ditinjau dari tiap kata: “Pemuda”, memiliki makna suatu individu yang memiliki standar moralitas (iman), berwawasan, bersatu, optimis dan teguh dalam pendirian serta konsisten dengan perkataan. “Peduli”, memiliki makna suatu tindakan yang didasari pada keprihatinan terhadap masalah orang lain. “Dhuafa”, memiliki makna orang-orang lemah atau tertindas.

Arti logo Pemuda Peduli Dhuafa Gresik yang ditinjau dari warna, yakni warna “Hijau” yang memiliki makna kesuburan, pertumbuhan, muda, pembaharuan, daya tahan dan persahabatan. Dapat digunakan untuk relaksasi, memenangkan pikiran dan merangsang kreatifitas. Arti-arti warna hijau dalam logo Pemuda Peduli Dhuafa Gresik yaitu: “Kesuburan dan Pertumbuhan”, yakni merupakan bentuk harapan agar PPDG selalu tumbuh subur menjadi organisasi yang lebih besar, bisa memberikan dan memperluas cakupan kegiatan amalnya. “Muda”, yakni mengisyaratkan atau melambangkan bahwa PPDG terdiri dari kumpulan para anak muda. “Pembaharuan”, yakni mengisyaratkan bahwa PPDG merupakan organisasi pembaharu di bidang sosial kemasyarakatan. “Daya Tahan”, yakni mengisyaraktan akan adanya kesolidan seluruh elemen di PPDG untuk selalu bertahan dan berusaha memberikan yang terbaik bagi kaum dhuafa. “Persahabatan”, yakni mengisyaratkan bahwa PPDG didirikan atas dasar persahabatan sesama anak-anak muda di Gresik yang peduli akan kaum lemah yang ada disekitarnya.

Arti logo Pemuda Peduli Dhuafa Gresik yang berbentuk menyerupai “Kubah Masjid”, hal ini mengisyaratkan serta menegaskan bahwa dalam seluruh kegiatan dalam PPDG senantiasa berlandaskan dan memperhatikan asas-asas Islam, berpegang teguh pada Al Qur’an dan Al Hadist. Jadi, Pemuda Peduli Dhuafa Gresik berdiri didasari atas kesadaran dan keprihatinan atas semakin memudarnya rasa kepeduliaan terhadap sesama khususnya orang-orang yang kurang beruntung seperti kaum dhuafa.

Pada hakekatnya Pemuda Peduli Dhuafa Gresik didirikan untuk dapat menciptakan sikap dan sifat gotong royong, bantu membantu saling mengeratkan tali silaturahmi untuk lebih mengeratkan tali persaudaraan antar umat manusia. Pemuda Peduli Dhuafa Gresik berlandaskan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945 serta berdasarkan Al Qur’an dan Al Hadits. Pemuda Peduli Dhuafa Gresik bersifat mandiri, terbuka, aktif, nirlaba, dan bukan organisasi politik. Pemuda Peduli Dhuafa Gresik berkedudukan di Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur dengan alamat sekretariat atau basecamp di Jalan Pahlawan No. 03 Desa Racitengah Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik. Pemuda Peduli Dhuafa Gresik merupakan wadah penyantunan dhuafa (fakir miskin dan anak yatim piatu) yang berorientasi kepada masalah sosial masyarakat dengan menjunjung nilai-nilai profesionalisme, jujur dan amanah dengan mengharapkan ridho Allah SWT.