Nama Kegiatan :

 

Share and Care

 

Tema Kegiatan :

 

Satukan Tujuan Ciptakan Kebahagiaan

 

Pelaksanaan Kegiatan :

 

1 September 2019 di Panti Asuhan Al Wafiriyah Mengare – Bungah.

 

Tujuan Kegiatan :

 

1.      Menyemarakkan peringatan hari besar Islam untuk saling berbagi kebahagiaan.

2.      Memperkenalkan organisasi Pemuda Peduli Dhuafa Gresik ke masyarakat luas, dalam hal ini panti asuhan.

3.      Apresiasi kepada adik-adik di panti asuhan untuk menampilkan potensinya, baik secara pribadi maupun kelompok dalam bidang pendidikan dan kreatif.

4.      Menjalin dan mempererat ukhuah islamiah antar sesama umat muslim.

5.      Mewujudkan rasa kepedulian terhadap sesama.

 

Hasil Kegiatan :

 

Share and Care merupakan salah satu program kerja Pemuda Peduli Dhuafa Gresik. Program kerja Kegiatan ini diawali dengan memberikan materi kreatif dan inspiratif, outbond, dan santunan. Serangkaian kegiatan ditujukan untuk anak-anak yang tidak memiliki orang tua  yang lengkap.

Kegiatan ini dilaksanakan di Panti Asuhan Al Wafiriyah Mengare Desa Tanjungwidoro Kecamatan Bungah. Kabupaten Gresik, dengan dihadiri 56 anak yatim dari jenjang SD/MI dan SMP/MTs. Kegiatan Share and Care diawali dengan memberikan materi kreatif dan inspiratif, serta diakhiri dengan agenda materi Bersama. Terdapat 3 agenda utama yakni pemberian materi khususnya berkaitan dengan peringatan tahun baru hijriyah, penampilan potensi seni yang dimiliki adik-adik di panti asuhan sekaligus menjadi latihan bagi adik-adik untuk berhadapan dengan orang banyak, setelah itu diakhiri dengan outbond bersama “Amazing Dare”. Susunan acaran antara lain : pembukaan, pembacaan ayat suci Al Qur’an, sambutan dan pengenalan panitia, pemberian materi/tausyiah, outbond, makan bersama, pemberian santunan dan bingkisan, penutupan.

 

Evaluasi Kegiatan :

1.      Kurangnya koordinasi antar panitia, sehingga terdapat banyak panitia yang masih belum paham konsep acara khususnya outbond.

2.      Persiapan yang terkesan mendadak dan hanya sekali diadakan pertemuan rapat secara langsung tatap muka, sehingga dalam mempersiapkan segala kebutuhan acara kurang bisa maksimal.

3.      Durasi acara cukup panjang, lebih baik dikurangi agar orang tua adik-adik yang tinggal diluar yayasan tidak menunggu terlalu lama.

4.      Materi desain dan dekorasi kurang dipersiapkan dengan baik, sehingga terkesan monoton.